Monday, December 14, 2015

Compute Stick Komputer Mini Dari Intel

Intel Compute Stick ( Komputer Mini Dari Intel ) 

Intel Compute Stick pada dasarnya adalah sebuah komputer yang hadir dalam bentuk seperti flashdisk. Namun berbeda dengan flashdisk, ujung PC Stick adalah HDMI dan bukan USB. Di dalamnya sudah ada prosesor Intel, RAM 2GB, sertastorage sebesar 32GB. Selain itu tersedia pula koneksi WiFi dan Bluetooth untuk koneksi tanpa kabel. Sedangkan di sekujur tubuh PC Stick tersedia port Mini USB, USB standar, serta MicroSD.

Di sisi ini, terdapat port mini-USB (untuk daya listrik) dan Standard-USB (untuk keyboard/mouse/USB Hub). Di sisi lainnya, terdapat slot MicroSD


PC Stick ini sendiri memiliki dimensi 10,3×3,8×1,25 cm, sehingga Anda dengan mudah dapat memasukkannya ke kantong celana atau jaket. Desainnya sendiri tak banyak berbeda dengan flashdisk biasa, kecuali pada keberadaan dua lubang ventilasi. Di dalam lubang ventilasi tersebut terdapat kipas yang diperlukan untuk mendinginkan komponen yang ada di dalamnya. Namun kipas itu terbilang pintar karena hanya menyala saat PC Stick dalam kondisi beban penuh. Dalam penggunaan normal, kipas tidak menyala.

Lubang ini berisi kipas yang hanya menyala ketika Intel Compute Stick berada dalam beban maksimal. Pada penggunaan normal, kipas tersebut tidak menyala

Untuk mengoperasikannya, Anda cukup menyolokkan Stick ini monitor atau televisi yang memiliki konektor HDMI. Namun perlu dicatat, Intel PC Stick tidak mendukung MHL sehingga tidak bisa mengambil daya dari port HDMI. Artinya Anda harus menghubungkan PC Stick ini ke colokan listrik atau port USB di monitor Anda—satu hal yang membuat konfigurasi Intel PC Stick terlihat agak berantakan karena banyak kabel.
Sedangkan untuk keyboard dan mouse, Anda bisa memanfaatkan sebuah port USB yang ada di sisi kiri PC Stick. Saat mencoba PC Stick ini, kami menyambungkan colokan USB tersebut ke USB Hub, sehingga kami bisa menyambungkan dengan keyboard dan mouse kami. Lagi-lagi, hal ini menambah banyak lilitan kabel di PC Stick. Jika ingin lebih simpel, gunakan combo keyboard dan mouse yang cuma menggunakan satu adapter.

Beginilah kira-kira skema penggunaan Intel Compute Stick. Daya didapat dari colokan listrik atau USB port televisi, sementara port USB standar untuk koneksi ke keyboard dan mouse

Semua Orang Bisa
Di dalam Intel PC Stick sudah terdapat Windows 8.1 with Bing, sistem operasi yang khusus diperuntukkan untuk perangkat terjangkau seperti Intel PC Stick ini. Tidak ada yang berbeda dengan Windows 8.1 versi biasa, kecuali pada disetelnya Bing sebagai search engine utama. Namun Anda bisa langsung menggantinya ke Google atau Yahoo jika mau, sehingga praktis sistem operasi ini sama seperti Windows 8.1 biasa.

(Sebagai tambahan informasi, Intel juga menyediakan Compute Stick versi Ubuntu. Pada versi ini, memori danstorage lebih kecil (1GB dan 8GB). Namun harganya juga lebih murah).
Jika PC Stick sudah tertempel ke monitor atau televisi, Anda tinggal tekan tombol Power. Sesaat kemudian, layar akan menampilkan menu Windows 8.1. Jika kami hitung, waktu untuk booting sekitar 32 detik. Setelah menyala, Anda bisa menggunakan Intel Stick layaknya komputer biasa. Prosesnya sangat simpel, sehingga kami rasa semua orang bisa mengoperasikannya.
Seperti kami sebut di atas, kipas di dalam Intel Stick ini hanya menyala ketika dibutuhkan. Jadi saat Anda menyalakan Intel Stick dan menggunakannya secara normal, tidak ada suara yang ditimbulkan. Baru ketika komponen di dalam Intel Stick membutuhkan pendinginan, kipas akan menyala. Suara kipas itu sendiri terdengar lirih, sehingga seharusnya tidak menganggu kegiatan Anda berkomputer.
Bentuk Intel Compute Stick yang mungil membuatnya mudah dikantongi di saku
Karena penasaran dengan ketangguhannya, kami pun “memaksa” Intel Stick menjalankan stress-tool Prime 95 selama 24 jam. Ternyata Intel Stick dapat melampaui tes tersebut dengan mudah, dengan temperatur prosesor terjaga di angka 69oC. Sementara saat kami ukur temperatur bodi PC menggunakan thermometer digital, angkanya terjaga di kisaran 48oC. Jadi jika Anda terpikir ingin mengoperasikan Intel Stick untuk kegiatan seharian, Intel PC Stick ini relatif dapat diandalkan.

Performa Kelas Netbook
Intel PC Stick menggunakan Intel Atom Z3735F, prosesor Intel dari keluarga Bay Trail. Sekadar mengingatkan, Baytrail tipe Z adalah prosesor Intel yang ditujukan untuk perangkatsmartphone dan tablet. Prosesor Atom Z3735F ini memiliki empat inti dengan kecepatan normal 1,33GHz dan kecepatanburst 1,83GHz. Sedangkan grafisnya menggunakan Intel HD yang memiliki empat EU (Execution Unit) dengan masing-masing unit memiliki 8 thread. Intel HD ini mendukung resolusi layar sampai 2560×1600 pixel atau 4K, sehingga Intel Stick ini bisa dipasang di televisi 4K jika Anda punya televisi seperti itu di rumah.
Karena belum banyak produk yang menggunakan Atom Z3735F, agak sulit membandingkan performa Intel Stick ini dengan produk lain. Namun jika melihat database kami, performa Intel Stick mirip dengan netbook Asus X200M (Intel Celeron N2920, memori 4GB). Sekadar informasi, Celeron N2920 pun berbasis arsitektur Bay Trail namun dengan daya lebih tinggi.

Jadi jika ingin membayangkan performa Intel Stick, kira-kira mirip seperti netbook. Jika kegiatan komputasi Anda seputar mengetik dokumen, membuka beberapa jendela browser, atau menonton video Full-HD, Intel Stick dapat melakukannya. Namun jika sampai mengedit foto di Photoshop atau kegiatan komputasi yang berat, Intel Stick mungkin akan kesulitan memenuhinya.

Intel Compute Stick: Untuk Apa?
Dengan sedikit berimajinasi, ada beberapa skenario pemanfaatan Intel Compute Stick. Jika ada monitor ber-HDMI yang nganggur, Intel Compute Stick bisa mengubahnya menjadi komputer atau Smart TV.
Jika Anda sering bepergian, Intel Compute Stick bisa menjadi tempat menyimpan seluruh aplikasi dan data penting Anda. Saat ingin bekerja dengan data di dalamnya, Anda tinggal mencari monitor/televisi ber-HDMI, serta keyboard dan mouse(kalau ini agak repot sih).
Kami belum mendapatkan harga resmi dari Intel Compute Stick ini, namun kabarnya tidak akan lebih dari Rp3 juta. Dengan kisaran harga itu, Intel Compute Stick sepertinya memang tidak untuk orang “biasa”. Ada banyak pilihan di luar sana yang bisa memberikan fungsi seperti Intel Compute Stick. Perangkat ini lebih cocok bagi Anda yang memiliki imajinasi luas dan senang bereksperimen dengan perangkat komputer mungil.

Artikel Terkait

19 comments

kereen baru liat ane alat kayak gini info yang bagus gan

jadi pengen beli.itu gan,,, hahahaha wah keren nih postingannya,,, makasih udah share dan berbagi,,, jangan lupa komen back nya di ronalsf.blogspot.com

Nice artikel nh, jadi tambah pengetahuan..

Nice artikel nh, jadi tambah pengetahuan..

ajay;.keren, jadi pengen beli nih.. udah ada di indo belom?

Udah gan, kamu bisa cek di bhineka ,disitu udah di jual..

keren ya sekarang computer bisa sekecil itu :' harganya juga lebih murah tpi di indo belum populer ya ?

untuk kebutuhan jaman sekarang, spek nya terlalu rendah. Nice gan infonya

Info menarik nihh, kebetulan suka teknologi.. :D

wah mantap nih komputer stik :D makin canggih aja nih zaman ya :D

Untuk ukuran prosesor udah standar yah gan, 1,3 gHz,

This comment has been removed by a blog administrator.


EmoticonEmoticon